Jquery

[-] Search [-]

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

Minggu, 08 Juli 2012
Sejak dulu saya suka mengotak-ngatik html blog coffee break ini. Entah sudah berapa kali blog ini saya obrak-abrik isinya. Mulai dari mengubah tampilan dasar, sampai memasang pernak-pernik widget yang menurut saya sedap dipandang mata. Saya bukanlah seseorang yang ahli dalam desain web, hanya saya tertarik jika ada fitur-fitur yang menarik mungkin bisa ditambahkan ke dalam blog.

Berbeda dengan saingan terberatnya (semisal wordpress), blogspot mengijinkan penggunanya untuk bisa memodifikasi tampilan blog. Mungkin karena hal inilah, saya lebih tertarik menggunakan platform blogspot daripada platform wordpress. Ada kenikmatan tersendiri ketika kita bisa memodifikasi tampilan blog karena usaha kita sendiri.

Saya saat ini juga masih dalam tahap belajar, masih cupu banget istilahnya. Untuk belajar html saya biasa mengunjungi dan belajar pada w3schools.com. Tapi sebenarnya untuk mengubah sedikit tampilan blog tidak perlu belajar dari nol. Tinggal search di mbah google, nanti banyak sekali tutorial bagaimana mengubah tampilan blog sesuai dengan keinginan kita.

Satu hal yang terpenting ketika kita sudah terjun dalam obrak-abrik html blog adalah memperhatikan bagaimana kecepatan loading blog. Jangan sampai blog kita tercinta yang sudah susah payah kita desain dan kita jaga, malah lambat loadingnya. Jadinya orang kan malas bertamu di blog kita karena pasti boros bandwidth.

Maka dari itu mbah google menyediakan mesin otomatis untuk mengetahui berapa sih kecepatan loading blog kita. Oke silahkan kunjungi : google pagespeed. Tinggal kita masukkan url blog kita, nanti akan langsung muncul berapa skornya. Perlu diingat bahwa semakin besar skornya, maka berarti blog kita semakin cepat loadingnya.

Oke langsung saja prakteknya yah. Kali ini saya akan mencoba memasukkan web yang selama ini menjadi primadona berita terkini di dalam negeri yakni detik.com. Berikut hasilnya :


Uhuks.. ternyata si Detik hanya mendapat skor 72 dari 100. Memang sih, iklannya saja banyak banget he he. Nah silahkan teman-teman sekalian mencoba memasukkan url blog temen-temen. Kira-kira berapa yah skornya?. Kalau blog saya mendapat skor 92 dari 100, Alhamdulillah.. ^_^ .
The page 0o+==o[CYBERFIIEZ]=o0o==+= got an overall PageSpeed Score of 92 (out of 100). Learn more

0 komentar:

Posting Komentar